10 Manfaat Latihan Pilates Bagi Tubuh Anda

Posted by Unknown 0 komentar


Latihan pilates merupakan salah satu dari sekian banyak latihan yang berguna untuk kesehatan. Latihan ini banyak dilakukan para wanita yang menginginkan tubuh kencang dan lebih ideal. Selain itu, latihan pilates juga dapat dilakukan bersama-sama, sehingga dapat mengurangi kebosanan dalam berlatih.

Latihan pilates mengandalkan pernafasan dengan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh. Tak hanya itu, latihan ini merupakan latihan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, jadi siapapun Anda, latihan pilates bisa menjadi latihan alternatif yang baik bagi Anda.

Berikut 10 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan pilates

1. Meningkatkan Keseimbangan
Latihan pilates berfokus pada kekuatan otot perut. Otot perut yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara dan menyeluruh. Banyak atlet yang melakukan latihan pilates untuk menunjang kebugaran mereka saat bertanding.

2. Mudah Dilakukan
Latihan pilates adalah salah satu latihan yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan banyaknya gerakan latihan yang bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan, menjadikan latihan ini mudah bagi siapa saja.

3. Meningkatkan Energi
Latihan pilates memungkinkan suplai oksigen dalam tubuh meningkat. Meningkatnya suplai oksigen dalam tubuh dapat meningkatkan energi dalam tubuh secara signifikan.

4. Meningkatkan Kekuatan
Sekalipun latihan pilates bukan latihan yang efektif untuk meningkatkan massa otot, namun latihan ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh keseluruhan.

5. Meningkatkan Fleksibilitas
Seiring gerakan pada latihan pilates, otot-otot tubuh akan meregang. Begitu pula dengan persendian Anda. Gerakan peregangan inilah yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

6. Meningkatkan Kekuatan Otot Perut
Otot perut adalah salah satu bagian otot yang terlatih dengan baik saat melakukan latihan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh yang lain seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah tubuh dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan juga memperbaiki postur tubuh.

7. Memperbaiki Postur Tubuh
Postur tubuh yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari nyeri bahu hingga punggung. Menjaga agar garis tulang belakang lurus sesuai anatominya merupakan dasar dari latihan pilates. Latihan ini juga bertujuan menjaga lengkungan alami tulang belakang.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Sekalipun tidak membakar kalori sebanyak Anda melakukan latihan kardio, namun latihan pilates dapat meningkatkan metabolisme Anda. Meningkatnya metabolisme merupakan awal dari proses pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan Anda.

9. Meningkatkan Kesadaran
Melakukan olahraga seperti latihan pilates tidak hanya menguntungkan fisik tapi juga jiwa secara menyeluruh. Latihan mengolah napas dan konsentrasi dalam pilates sedikit mirip meditasi tetapi bukan hanya membersihkan pikiran, dalam pilates kita fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan ini akan meningkatkan pemahaman kita akan fungsi-fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga.

10. Pilates Mudah Dipelajari
Ada beberapa gerakan pilates yang sangat mudah dilakukan dan baik bagi Anda para pemula. Seperti gerakan awal toning dan stretching. Bahkan, latihan pilates akan lebih mudah bagi Anda yang pernah mempelajari gerakan yoga.

Untuk menurunkan berat badan lebih cepat, Anda bisa mengombinasikan latihan pilates dengan latihan kardio kesukaan Anda. Selain itu, imbangi latihan Anda dengan diet sehat dan istirahat yang cukup. Selamat berlatih.





0 komentar:

Posting Komentar