Mengenal Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Posted by Dunia Lulur 1 komentar


Mengenal lebih dekat manfaat kunyit yang sering dijadikan obat tradisional dan memelihara kondisi tubuh tetap sehat sehingga tidak gampang jatuh sakit.

Kunyit atau kunir (Curcuma domestica) adalah tanaman obat yang wilayah tumbuhnya lebih dominan di Asia Tenggara. Tergolong dalam kelompok jahe-jahean dan temu-temuan (Baca: Manfaat Temulawak) yang dibeberapa tempat dikenal dengan beberapa nama seperti kurkuma, kunir, koneng, dan konyet.

Masyarakat lebih dulu mengenal kunyit sebagai rempah untuk pelengkap bumbu masak di dapur. Beberapa masakan yang komponen bahannya terdapat kunyit contohnya gulai dan soto, tepatnya untuk memberikan warna kuning pada masakan.

Sementara mereka yang memiliki pemahaman lebih di bidang kesehatan menggandakan fungsi kunyit sebagai produk farmasi yang mampu bersaing di pasaran dengan obat paten. Hasil olah rempah ini bisa menyembuhkan penyakit seperti radang sendi atau osteo-arthritis.

Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah rimpang atau umbinya dengan catatan harus berusia lebih dari satu tahun. Khasiat kunyit yang bilamana dikonsumsi secara rutin dapat melepaskan gas berlebih pada usus, menghentikan pendarahan dan mencegah terbentuknya gumpalan darah.

Berbagai obat untuk menghilangkan rasa gatal, membasmi virus dan mencegah depresi dapat diracik dari bahan dasar kunyit dan beberapa material alam lain. Meskipun sampai sekarang kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli obat apotik yang lebih jelas hasilnya, obat tradisional dari kunyit ini tidak bisa diremehkan.

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

1. Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker terbentuk akibat adanya sel yang bermutasi akibat radikal bebas serta racun yang masuk kedalam tubuh dan tidak mampu di netralisir. Agar radikal bebas dan racun bisa di netralisir maka bisa memanfaatkan kunyit yang kaya akan kurkumin sebagai antioksidan. Antioksidan mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Mengurangi Resiko dan Mengobati Diabetes

Kurkumin yang ada pada kunyit memiliki manfaat yang sangat penting untuk mengatasi resistansi insulin pada tubuh. Ketika resistansi insulin teratasi maka glukosa pada darah dapat terkontrol dengan baik. Sehingga resiko terkena diabetes tipe 2 akan dapat dihindari. Caranya yaitu dengan menyiapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Rebus bahan tadi pada 1 liter air hingga mendidih.Saring air rebusan kunyit tadi, minum 2 kali seminggu, sekali minim sebanyak 1/2 gelas.

3. Mengurangi Resiko Alzheimer


Alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada otak. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi kunyit memiliki resiko lebih kecil terkena Alzheimer.  Hal tersebut dikarenakan orang yang rajin mengkonsumsi kunyit otaknya lebih terlindungi dari radang otak.

4. Mengobati Tifus dan Radang Lambung

Kandungan kunyit yang kaya akan zat bermanfaat termasuk mengatasi luka pada lambung serta mengobati penyakit tifus. Caranya yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. kemudian haluskan semua bahan dengan di tumbuk. Selanjutnya beri air sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap hari sekali selama seminggu.

5. Mengatasi Radang Persendian

Ternyata kandungan kurkumin pada kunyit juga bermanfaat sebagai Anti-inflamasi atau anti-radanf. Sehingga akan sangat bermanfaat sebagai obat bagi mereka yang menderita penyakit radang sendi. Maka konsumsi kunyit akan sangat membantu, bahkan saat ini mudah di jumpai obat radang sendi berupa kapsul yang berbahan ekstrak dari kunyit.

6. Mengatasi Kolstrol Jahat (LDL) Dalam Tubuh

Kolestrol jahat atau LDL sangat berbahaya bgai tubuh. Kolsetrol yang satu ini dapat memicu berbagai penyakit seperti radang pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, jantung, dan penyakit kolestrol lainya. Kandungan kunyit dipercaya mampu mengatasi kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh sehingga mengurangi resiko terserang penyakit akibat kolestrol.

7. Mengobati Luka dan Mencegah Infeksi

Kunyit juga kaya akan zat anti septik yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dan mencegak infeksi pada luka. Sehingga mampu membunuh bakteri pada luka dan membuat luka cepat kering.





1 komentar:

Dewi naoli mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar