Manfaat Aromatherapy Oil

Posted by Dunia Lulur 3 komentar


Aromaterapi adalah terapi menggunakan essential oil atau sari minyak murni untuk membantu memperbaiki atau menjadi kesehatan, membangkitkan semangat, gairah, menyegarkan serta menenangkan jiwa, dan merangsang proses penyembuhan

Manfaat Aromatherapy OilBagaimana cara kerja aromaterapi itu? Menurut Dr. Alan Huck (neurology psikiater dan Direktur Pusat Penelitian Bau dan Rasa di Chicago), bau berpengaruh langsung terhadap otak manusia, mirip narkotika. Ternyata hidung kita memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 bau yang berbeda yang mempengaruhi kita dan itu terjadi tanpa kita sadari. Bau-bauan tersebut mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood (suasana hati), emosi, ingatan, dan pembelajaran. Misalnya, dengan menghirup aroma lavender maka akan meningkatkan gelombang-gelombang alfa di dalam otak dan gelombang inilah yang membantu kita untuk merasa rileks. Sementara dengan menghirup aroma bunga melati maka akan meningkatkan gelombang-gelombang beta dalam otak yang meningkatkan ketangkasan dan kesiagaan.

Beberapa Jenis Aromaterapi:

1. Burner (Anglo Pemanas), Essential Oil (Minyak Esensial), & Lilinnya

Ketiga alat ini dipakai bersamaan. Anglo pemanasnya terdiri dari dua bagian: pemanas yang terbuat dari batu diukir dan mangkuk kuningan. Cara pemakaian: isi mangkuk kuningan dengan air sampai kurang lebih ¾ dari mangkuk tersebut. Nyalakan lilin dan masukkan ke dalam anglo pemanas. Berikan beberapa kali menuangkan minyak esensial ke dalam air. Jumlahnya tergantung pada besar kecilnya anglo pemanas dan tempat minyak esensial tersebut. Untuk tempat 4,5 ml, misalnya sekitar 4-5 kali, sementara untuk yg 100 ml cukup 1 kali saja; bila anglo pemanas anda berukuran medium. Tentunya dibutuhkan lebih sedikit minyak esensial untuk anglo pemanas berukuran small. Lilin akan menyala kurang lebih untuk 4 jam lamanya. Untuk anglo pemanas medium, satu lilin cukup untuk ¾ mangkuk air. Sementara anglo pemanas small, harus menambah air ke dalam mangkuk sekitar 2 kali, dan jangan lupa tuangkan lagi beberapa kali minyak esensial setiap kali menambah air agar kadar wanginya tetap terjaga.

2. Stick Incense atau Cone

Kedua alat ini digunakan bersamaan. Stick essence seperti halnya dupa. Cara pemakaian: bakar ujung atas stick essence dan tempatkan di stick holder. Kemudian simpan di sudut ruangan yang ingin kita wangikan. Lamanya stick essence menyala kurang lebih 20 menit, namun wanginya bisa bertahan sampai kurang lebih 1,5 jam. Tidak dianjurkan penggunaan bagi penderita asma dan alergi batuk-pilek di pagi hari.

3. Massage Oil

Minyak ini biasa dipakai pada saat massage. Namun minyak tersebut ternyata juga bisa dipakai tanpa dengan massage. Cara yang dianjurkan adalah: baluri bagian-bagian tubuh dengan minyak tersebut sesaat sebelum tidur. Memang terasa sedikit lengket dan pahit (jika dijilat); tapi tubuh jadi cukup hangat dan, karena wangi aromatiknya, perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Disarankan memakai minyak dengan wewangian yang ditujukan untuk sore/malam hari. Setelah beberapa kali pemakaian, maka kulit akan terasa lebih kenyal, lembut, dan tidak kering dan pecah-pecah.

4. Bath Salt

Bath salt ini biasanya dibubuhkan ke dalam air untuk berendam. Kandungan garam dan wangi aromatiknya membuat tubuh menjadi segar, kulit halus, dan pikiran tenang. Jika tidak memiliki bath tub untuk berendam, maka merendam kaki dengan air yang dibubuhi sesendok makan bath salt cukup membuat kelelahan dan pegal-pegal di kaki hilang serta pikiran tenang. Sesuaikan wangi aromatiknya untuk pagi atau sore/malam hari. Bath salt ini juga bisa digantikan oleh beberapa tetes minyak esensial.

5. Sabun Aromatik

Jika anda tidak terlalu suka berendam atau tidak memiliki bath tub untuk berendam atau tidak memiliki banyak waktu untuk berendam; anda tetap bisa merasakan wewangian aromaterapi pada saat mandi. Sabun aromatik dengan pilihan berbagai wewangian aromaterapi dapat menggantikan bath salt maupun minyak esensial. Penggunaannya pun sangat mudah persis seperti menggunakan sabun biasa. Selain kulit menjadi halus, tubuh terasa segar, dan pikiranpun tenang dengan mandi menggunakan sabun aromatik.



Beberapa Khasiat Wewangian Aromatherapy Oil:

a. Sandalwood (cendana)
Dengan aromanya yang khas dan sari minyaknya diambil dari bagian kayu, sandalwood ternyata memiliki efek meningkatkan keterbukaan, kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran, ketenangan jiwa, perasaan cinta, sensualitas, rasa nyaman, harapan, kepercayaan, kebijaksanaan, pengertian, stabilitas, keberanian serta daya tahan. Juga mengurangi stress saat menstruasi, gangguan konsentrasi, dan rasa kesepian.

Aromatherapy Oilb. Eucalyptus, sarinya diambil dari bagian daun.
Mempunyai efek keseimbangan dan menstimulus peningkatan proses penyembuhan, protectiveness, konsentrasi, vitalitas, keseimbangan emosi, dan juga spontanitas. Selain itu dapat mengurangi panas badan saat flu, sakit kepala, kelakuan yang tidak rasional, kemarahan, mengusir insek serta menghilangkan bau yang tidak sedap.

c. Peppermint
Memiliki aroma segar dan kuat yang berasal dari rerumputan mint yang ditemukan di Amerika. Minyak murni daun mint ini dapat meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, sensualitas, keyakinan arah dan tujuan hidup. Juga mengurangi rasa lelah, rasa putus asa, hysteria, sakit kepala, dan rasa takut.

d. Lavender
Aroma bunga ini sangat digemari oleh wanita eksekutif dan ibu rumah tangga. Bunganya berwarna lembayung muda. Kini dibudidayakan di berbagai penjuru dunia. Sari minyaknya diambil dari bagian pucuk bunga selain mampu mengusir nyamuk ternyata juga memberikan efek meningkatkan ketenangan, keseimbangan, rasa nyaman, rasa keterbukaan, dan keyakinan. Selain itu juga mengurangi rasa tertekan, stress, rasa sakit saat menstruasi, emosi yang tidak seimbang, hysteria, rasa frustrasi, dan kepanikan.

e. Jasmine (bunga melati)
Sari minyaknya diambil dari bagian bunga yang mempunyai efek menyejukkan, meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, gairah seksual, kepekaan, kejernihan pikiran, harapan, keterbukaan, kebijaksanaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, romans, dan cinta. Juga dapat mengurangi depresi, rasa cemas, batuk, rasa sakit saat menstruasi, stress, sedih, kecewa, dan rasa iri.

f. Lemon
Aromanya menyegarkan, bersih, bersemangat. Sari minyaknya diambil dari bagian buah yang berasal dari Sisilia. Mempunyai efek menjernihkan dan stimulasi, juga baik untuk penanganan pertama digigit ular dan serangga. Selain itu memberikan efek meningkatkan tenaga, kewaspadaan, perasaan bahagia, vitalitas, pandangan positif, motivasi, keyakinan dalam mengambil keputusan, dan stabilitas. Juga mengurangi masalah gangguan pernafasan, tekanan darah tinggi, pelupa, stress, pikiran negatif dan rasa takut.

g. Ylang-ylang (kenanga)
Sarinya diambil dari bagian bunga dan bunga dengan warna kuning memberikan essential oil yang terbaik. Memiliki efek menyeimbangkan hormon, memberi semangat, meningkatkan sensualitas, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, keterbukaan, relaksasi, rasa nyaman dan tentram. Mengurangi depresi, kesulitan tidur, rasa tegang, stress saat menstruasi, lemah seksual, perasaan frustrasi, rasa labil, dan rasa bersalah.

h. Green tea
Wangi yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan fungsi sel tubuh, membantu mencegah kanker, memperbaiki sistem peredaran darah, membantu menguraikan asam lemak, menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi lever, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru2, memperlambat proses penuaan. Juga berguna membangkitkan semangat, melancarkan sistem pencernaan dan urine, memperbaiki konsentrasi, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko terkena kanker.





3 komentar:

i gede hendra tirtana, ST. mengatakan...

thanks for this info

very usefully

Rinny Amijaya mengatakan...

Ada contoh2x gak...cara mesanx gmnana

Lost Sakura mengatakan...

Terimakasih infonya.. :)

Posting Komentar